Polsek Menes Berikan Sosialisasi Ketertiban Lalulintas dan Keselamatan Berkendara

Tribratanewspandeglang – Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, cenderung aman dan kondusif. Namun, Polsek Menes, yang menjadi pilar utama dalam menjaga Kamtibmas, menerima aduan dari masyarakat terkait ketidakpatuhan pengendara sepeda motor dan angkot terhadap peraturan lalu lintas, serta penggunaan knalpot bising. Untuk mengatasi permasalahan ini, Polsek Menes akan melakukan sosialisasi yang bersifat masif guna meningkatkan kesadaran masyarakat, Selasa 23 Oktober 2023.

Akp Hero, SH, Kapolsek Menes Polres Pandeglang, menjelaskan bahwa tingkat kesadaran masyarakat terkait ketertiban berlalu lintas masih rendah di wilayah Menes. Oleh karena itu, sosialisasi yang intensif diperlukan untuk mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas, seperti penggunaan helm saat berkendara, penggunaan knalpot yang standar, larangan berhenti atau parkir sembarangan, serta patuh terhadap rambu-rambu lalu lintas.

Baca Juga : Polsek Menes Terus Bersinergi dengan Masyarakat untuk Mewujudkan Keamanan dan Ketertiban

Kapolsek Hero menekankan bahwa kondisi jalan yang relatif sepi dan terbatasnya mobilisasi kendaraan di Menes mungkin menjadi penyebab kurangnya kesadaran masyarakat terhadap ketertiban berlalu lintas. Oleh karena itu, pihak kepolisian telah menjalin komunikasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya keselamatan berlalu lintas dan kepatuhan terhadap regulasi yang berlaku.

Sosialisasi yang akan dilakukan akan mencakup berbagai elemen masyarakat, terutama di satuan pendidikan di Kecamatan Menes. Tujuannya adalah meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan saat berkendara.

Dinas Perhubungan, dalam menjaga ketertiban lalu lintas, telah menurunkan petugas ke lapangan, terutama saat pagi hari ketika arus lalu lintas mulai meningkat akibat aktivitas perkantoran dan sekolah. Meskipun upaya telah dilakukan, masih diperlukan edukasi lanjutan untuk membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga keselamatan berlalu lintas.

Kepolisian Sektor Menes berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan instansi terkait dan masyarakat dalam upaya meningkatkan ketertiban lalu lintas dan keselamatan berkendara di wilayah Kecamatan Menes.

posted in: Daerah
BAGIKAN ARTIKEL